Header Ads

Pengganti Kopi agar Tidak Mengantuk di Siang Hari



Sejak masih sekolah, sebagian besar orang mungkin punya kesulitan yang sama untuk fokus setelah jam makan siang. Ya, kenyang habis makan di jam makan siang bisa sampai bikin ngantuk dan sakit kepala buat menahannya. Harus fokus karena ada meeting penting, mau tidak mau, kamu harus mengonsumsi kafein dari kopi atau teh.

Asupan kafein mungkin memang ampuh dengan cukup signifikan bagi sebagian besar orang, tapi terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Meskipun mengubah kebiasaan ngopi tidak semudah cari info harga Batik Air via Traveloka untuk liburan, kalian bisa mencoba beberapa alternatif alami berikut ini.

1. Jeruk atau Lemon 

Rasa segar dari buah jeruk atau perasan lemon mengandung minyak atsiri yang banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Saat terhirup saja, konon katanya kandungan minyak atsiri dari buah-buahan beraroma citric ini mampu mengurangi peradangan paru-paru. Nah, kamu bisa mulai mengganti konsumsi kafein dengan makan buah jeruk. Alternatif lain, campurkan saja perasan lemon ke dalam segelas air dingin yang menyegarkan. Kamu bisa menikmatinya sambil tetap beraktivitas. Bagi kamu yang punya mobilitas tinggi, membawa air perasan lemon di dalam tumbler bisa jadi alternatif yang layak dicoba.

 2. Air Putih 

Terlalu repot kalau harus meluangkan waktu memeras lemon dengan campuran air? Ya sudah, cobalah untuk meminum lebih banyak air saat sedang beraktivitas. Rasa lelah yang menyebabkan kamu mengantuk biasanya dipicu karena tubuhmu kekurangan cairan. Aliran di darah di dalam tubuh jadi terganggu sehingga kamu merasa lebih cepat lelah. Malas bolak-balik ke pantry untuk ambil air minum? Kamu bisa menyimpan botol air minum di meja kerja, tuangkan ke dalam gelas untuk diminum setiap beberapa waktu sekali. Cara ini relatif lebih efektif untuk membiasakan minum lebih banyak air dengan target 6-8 gelas sehari. Membiasakan meneguk air dari botol bisa lebih memotivasi.

 3. Peppermint Oil 

Sudah banyak diffuser yang sedang populer dan bisa kamu gunakan di ruangan kantor. Kabarnya penggunaan peppermint oil di dalam diffuser mampu menghilangkan sakit kepala dan bisa membuat tubuh lebih bersemangat. Untuk lebih praktisnya, kamu bisa menggunakan peppermint oil di bagian dahi atau pelipis. Aromanya yang segar akan membantu menghilangkan rasa lelah. 

4. Sinar Matahari 

Siapa bilang semua alternatif pengganti kopi harus bisa dimakan? Cobalah untuk keluar dari ruang kerjamu dan nikmati udara di luar ruangan. Ketimbang berlama-lama di dalam ruangan ber-AC, biarkan tubuhmu menyerap sinar matahari setidaknya 15-20 menit saja. Hal ini tidak akan membuatmu berkeringat banyak kok, lagipula kamu akan kembali ke ruangan kantor yang sejuk setelahnya. Namun, produksi hormon melatonin yang memicu rasa kantuk bisa berkurang saat kamu terkena sinar matahari. Nah, beberapa alternatif tadi bisa kamu pilih sebagai pengganti kopi atau teh yang biasanya dikonsumsi setiap hari. Cobalah untuk mencobanya bergantian dan rasakan mana yang paling cocok untuk tubuhmu. 



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.