Header Ads

Jangan Salah Pilih, Kenali 7 Kriteria Asuransi Kesehatan yang Bagus Berikut ini



Kesehatan adalah modal yang paling berharga bagi siapapun, lebih-lebih bagi Anda yang memutuskan keluar dari kantor tempat bekerja dan mencoba untuk memulai usaha sendiri. Lain masalahnya, saat masih bekerja tentu biaya kesehatan akan ditanggung oleh kantor, namun kini mau tidak mau Anda perlu membayai sendiri. Agar tidak memberatkan pengeluaran Anda untuk urusan kesehatan, salah satu solusinya adalah dengan mengambil salah satu produk asuransi, yaitu asuransi kesehatan.

Apa yang dimaksud dengan asuransi kesehatan? Secara singkat adalah asuransi yang memberikan penggantian biaya kesehatan jika pemegang polis mengalami sakit hingga dirawat di rumah sakit karena terkena penyakit atau mengalami kecelakaan. Besarnya penggantian sesuai jumlah tagihan dari rumah sakit dengan batasan limit tertentu berdasarkan ketentuan asuransi yang diambil.

Penting bagi Anda dalam memilih asuransi kesehatan, untuk terlebih dahulu memahami beberapa kriteria asuransi kesehatan yang bagus dan sesuai kebutuhan, agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut beberapa kriteria dan penjelasannya seperti diuraikan di bawah ini.

1. Perusahaan Asuransi yang Dapat Dipercaya

Untuk mendapatkan asuransi yang bagus, carilah perusahaan atau agen asuransi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), memiliki pelayanan klaim asuransi yang baik, seluruh agen asuransi bekerja dengan profesional, dapat memberikan perjanjian tertulis, dan perusahaan memiliki kelayakan finansial.

2. Asuransi Cashless

Asuransi cashless memberikan banyak kemudahan kepada pemegang polis, di antaranya : memberikan kemudahan dan kenyamanan saat berobat ke rumah sakit, memberikan manfaat perlindungan yang lebih lengkap, dan memberi manfaat penggantian biaya yang lebih besar.

3. Jaringan Rumah Sakit yang Luas

Perusahaan asuransi kesehatan yang bagus salah satunya memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Upayakan memiliki polis asuransi cashless yang sudah bekerja sama dengan rumah sakit, maka Anda akan diberikan kemudahan seperti yang diuraikan pada poin 2. 

4. Tanpa Limit Per Perawatan

Terdapat limit atau plafond yang membatasi jumlah maksimum klaim biaya kesehatan. Umumnya, asuransi menerapkan dua jenis limit, pertama adalah limit gabungan semua perawatan dan kedua adalah limit per perawatan.

Sebaiknya pilih asuransi yang menerapkan limit pertama, atau dengan kata lain tidak membatasi biaya per perawatan. Maksudnya supaya pemegang polis fleksibel berobat berbagai perawatan selama limit total masih ada. Asuransi yang membatasi dengan limit pertama dan limit kedua, tentu saja, yang paling tidak ideal. 

5. Prioritaskan Rawat Inap

Biaya kesehatan mencakup rawat jalan dan rawat inap. Sebaiknya fokuskan pada asuransi yang menanggung biaya rawat inap karena perawatan ini yang biayanya paling besar. Jika memiliki uang lebih, bisa mengambil tambahan asuransi rawat jalan.

6. Platform dan Premi yang Sesuai

Idealnya platform asuransi kesehatan yang Anda pilih harus sesuai dengan kebutuhan Anda, begitupun dengan preminya. Pemilihan platform dan premi jangan sampai memberatkan kondisi keuangan Anda.

7. Asuransi Kesehatan yang Murah

Agen asuransi biasanya menawarkan berbagai jenis asuransi kesehatan, yaitu asuransi kesehatan murni dan asuransi kesehatan unit link. Pilihlah asuransi kesehatan yang berdiri sendiri, bukan merupakan rider asuransi jiwa unit-link. Kenapa? Mahal! Dalam unit-link, premi akan dibagi untuk asuransi jiwa, investasi dan baru asuransi kesehatan. Porsi untuk kesehatan menjadi kecil, sehingga Anda harus membayar lebih mahal untuk mendapatkan plafond lebih tinggi. Belum lagi, sejumlah potongan biaya unit-link yang jumlahnya tidak kecil, yang makin mengurangi premi kesehatan. 

Dalam asuransi murni premi diperuntukkan semata-mata untuk pertanggungan biaya kesehatan dan potongan biaya juga tidak sebesar biaya di unit-link, sehingga premi menjadi lebih murah atau nilai pertanggungan menjadi lebih tinggi. Jika ingin pembuktian, bandingkan nilai pertanggungan dan jumlah premi antara asuransi kesehatan murni dengan asuransi kesehatan yang menjadi bagian unit-link.

Nah, itulah beberapa kriteria yang wajib Anda ketahui sebagai pedomaan dalam memilih asuransi kesehatan yang bagus. Saat Anda berniat memiliki asuransi kesehatan, jangan lupa memperhatikan kriteria-kriteria di atas. Perusahaan asuransi dengan kriteria yang demikian bisa dikatakan sudah mumpuni dan mampu memberikan pelayanan terbaik.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.