Header Ads

Begini Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Masa Pubertas

 

Image : istockphoto.com

Mengutip kompas.com, masa pubertas merupakan masa peralihan dari usia remaja dewasa. Peralihan ini meliputi perubahan fisik, sikap, perilaku, hingga emosi. Semua peralihan ini wajar dialami oleh semua manusia. Meskipun begitu, Anda tetap harus memantau serta memberikan edukasi pada anak agar mereka tidak kaget dengan perubahan yang terjadi pada dirinya. Tidak hanya itu, meskipun Anda sudah memberikan perlindungan berupa asuransi kesehatan untuk perorangan pada anak Anda, tetapi ada baiknya Anda tetap memperhatikan kesehatannya selama masa peralihan ini.

Caranya yaitu dengan menerapkan beberapa tips menjaga kesehatan selama masa pubertas agar tubuhnya tetap fit berikut ini : 
 
1. Berolahraga secara teratur

Pertama, ajaklah anak Anda untuk berolahraga secara teratur setiap hari. Pasalnya, dengan berolahraga, maka dapat membantu membangun otot dan tulang di tubuhnya sehingga menjadi lebih kuat bahkan dapat meningkatkan rasa percaya dirinya.

Tidak harus lama, cukup 60 menit saja maka sudah dapat memberikan manfaat untuk kesehatan anak Anda. Supaya mereka tidak bosan, selingi dengan membersihkan rumah dan kamar atau hanya sekadar jalan-jalan sore saja. 
 
2. Cukupi waktu tidur selama 8 – 9 per hari

Melansir dari sehatq.com, mencukupi waktu tidur selama 8 – 9 jam per hari memang sangat penting untuk kesehatan, terutama di masa pertumbuhan. Sebab, ketika tidur, tubuh akan membangun sekaligus memperbaiki sel-sel yang rusak setelah seharian digunakan untuk berbagai macam aktivitas.

Jika anak kurang tidur, maka pertumbuhannya tentu bisa terganggu bahkan anak juga rentan mengalami sakit bahkan depresi. Oleh karena itu, di masa pubertasnya anak sebaiknya tidur 8 – 9 per hari.
 
3. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang tentunya dapat membantu anak tumbuh dengan baik dan optimal. Bahkan, anak juga akan semakin berprestasi di sekolahnya. Untuk itu, Anda disarankan memberikannya makanan bergizi seimbang.

Makanan tersebut tentunya bisa didapat dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, gandum utuh, susu, protein yang bisa diperoleh dari daging, ayam, dan ikan. 
 
4. Jaga kebersihan tubuh agar tetap sehat

Supaya tetap sehat, di masa pubertas-nya, ingatkan anak Anda untuk rutin membersihkan tubuhnya. Misalnya saja, rajin bercukur (untuk anak-laki), rajin mencuci muka setelah beraktivitas, tidak lupa mencuci tangan, rutin keramas dua hari sekali, mandi setiap hari, hingga menyikat gigi dua kali sehari.

Atau, bahkan, untuk anak perempuan, gunakan pembersih sekaligus perawatan tubuh seperti pembersih wajah, deodoran, parfum, dan lainnya, serta tidak lupa suruhlah mereka mengganti pakaian dalam dan bajunya setiap hari.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga bisa menerapkan beberapa tips ini padanya, di antaranya :

  • Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji, hingga terlalu fokus dengan gadget-nya.
  • Menjaga serta mengontrol perasaan karena di masa pubertas akan seringkali terjadi mood swing pada anak, terutama ketika mengalami menstruasi (khusus untuk anak perempuan).
  • Jangan biarkan mereka tidur hingga larut malam karena tidak baik untuk kesehatan fisik maupun pikirannya.

Nah, demikianlah sejumlah tips yang mungkin saja bisa membantu menjaga kesehatan tubuh anak Anda yang tengah berada di masa pubertas. Semoga membantu, ya! 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.