Header Ads

Mengenal Asuransi Gigi dan Jenis Perawatan yang Ditanggung

 

Image : istockphoto.com

Gigi memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan. Ketika kesehatan gigi dan mulut terjaga, maka Anda lebih bisa menikmati semua hal. Dari mulai minuman manis, makanan lezat, dan sebagainya. Itulah sebabnya, Ikatan Dokter Gigi Indonesia menganjurkan agar masyarakat memeriksakan gigi setiap enam bulan sekali. Tidak perlu khawatir dengan biaya, karena jika asuransi milik Anda memiliki manfaat gigi, maka perusahaan asuransi seperti FWD Insurance Indonesia yang akan menanggung biayanya.


Pentingnya Memiliki Asuransi dengan Manfaat Gigi

Melakukan perawatan di dokter gigi selama ini identic dengan biaya yang mahal. Namun hal ini sebenarnya dapat disiasati dengan menyiapkan budget khusus, salah satunya dengan membeli premi asuransi khusus untuk gigi. Dengan asuransi tersebut, Anda tidak akan menanggung biaya jika harus menjalani operasi gigi.

Beberapa negara sudah memiliki asuransi gigi sebagai produk yang berdiri sendiri. Asuransi ini baru mulai diterbitkan pada tahun 1954 di California dan dengan cepat menjadi primadona saat itu. Pasalnya, asuransi tersebut menawarkan manfaat yang sangat menjanjikan. Namun untuk di Indonesia, manfaat perawatan gigi berada dalam asuransi kesehatan. Meskipun begitu, manfaat yang diberikan tetaplah sama.


Jenis Asuransi dengan Manfaat Gigi

Secara umum, asuransi gigi dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

● Asuransi Gigi Basic Care

Ini adalah jenis asuransi yang mengakomodasi biaya perawatan gigi dasar atau perawatan gigi rutin. Contohnya adalah scaling atau pembersihan karang gigi, penambalan gigi, pencabutan gigi, dan perbaikan akar gigi.

● Asuransi Gigi Major Care

Jenis asuransi ini mengakomodasi perawatan gigi yang kompleks atau masalah-masalah pada gigi yang memerlukan operasi. Jenis perawatan yang ditanggung antara lain adalah pembedahan, operasi, dan implan gigi. Manfaat ini dapat diberikan bagi pemegang polis yang memerlukan tindakan karena giginya rusak parah akibat kecelakaan.

● Asuransi Gigi Untuk Pemasangan Gigi Palsu

Asuransi gigi juga dapat menanggung pemasangan gigi palsu. Tetapi hal ini hanya berlaku untuk pemegang polis yang mendapat rekomendasi dari dokter untuk memasang gigi palsu. Jadi Anda harus memiliki surat pengantar dari dokter gigi untuk melakukan klaim agar dapat memasang gigi palsu.

Demikian beberapa jenis asuransi gigi dan jenis perawatan yang dapat ditanggung oleh asuransi tersebut. Namun perlu diketahui bahwa setiap pilihan polis asuransi mungkin menawarkan manfaat yang tidak sama antara perusahaan asuransi satu dengan yang lain. Asuransi ini bukan menjadi asuransi utama. Jadi Anda dapat menambahkan asuransi gigi sebagai rider atau manfaat tambahan dari program asuransi yang diikuti.

Perlu diketahui juga bahwa perawatan gigi untuk kepentingan kecantikan atau estetika seperti pemasangan kawat gigi, veneer gigi, meratakan permukaan gigi, atau tindakan lainnya yang tidak bertujuan untuk pengobatan tidak akan ditanggung oleh produk asuransi. Jadi pastikan Anda membaca ketentuan dan hal apa saja yang ditanggung sebelum menambahkan asuransi gigi ke dalam polis asuransi Anda. 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.